Selasa, 30 November 2010

khasiat air mineral

















Air putih ternyata tak hanya untuk memenuhi rasa haus tubuh. Cairan bening yang kita minum setiap hari ini memiliki manfaat terhadap kesehatan dan kebugaran. Berikut beberapa kelebihan air minum bagi kesehatan.

Membantu diet penderita obesitas
Jika mengalami kelebihan berat badan, ada baiknya mencoba memperbanyak minum air. Dr Regina mengungkapkan, minum air putih satu jam sebelum makan mampu mengurangi porsi makanan. Minum segelas air putih juga mengurangi hasrat makan cemilan berlebihan. "Minum air putih mempercepat metabolisme dan mencegah pembentukan lemak dalam tubuh," ujar Regina.

Aqua Danone bekerjasama dengan Universitas Indonesia, Regina menuturkan, sedang melakukan sebuah riset mengenai pengaruh air minum untuk mengatasi masalah kegemukan (obesitas) pada anak.

Mencegah infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih terjadi pada saluran keluar kandung kencing (uretra), disebut sebagai uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih dan ginjal. Di kalangan awam, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit anyang-ayangan.

Health Marketing Director PT Aqua Golden Missippi (Aqua Danone) dr Regina Karim menyatakan penderita anyang-anyangan merupakan gejala awal terjadinya infeksi saluran kemih. Penderita tidak dapat berkemih (buang air kecil) walaupun merasa ingin. Infeksi penyakit biasanya akibat bakteri maupun virus.

Adanya perbedaan anatomi organ kandung kemih antara pria dan wanita, sebagian besar penderitanya kaum wanita. "Cara mengobatinya infeksi kandung kemih dengan antibiotik dan memperbanyak minum air putih," katanya.

Agar terhindar dari anyang-anyangan, dr Regina menyarankan agar sering minum air putih. Sebab air putih akan membersihkan tubuh. Selain itu, jika merasa akan berkemih, jangan menunda dan segera keluarkan. "Berkemih (buang air kecil) secara teratur saat dirasakan kemih telah penuh menurunkan resiko terkena terjadinya infeksi saluran kandung kemih," ungkap Regina.

Meskipun sebagian besar penderita kandung kemih dari jenis kelamin wanita, penyakit ini dapat diderita segala usia, anak-anak maupun orang dewasa. (berbagai sumber/zet)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar